Cara Memastikan Akun Facebook Tidak di Hack Orang

Kita sering lupa bahwa pembajakan tidak terjadi pada orang lain. Data pribadi di akun media sosial Anda sangat menarik bagi hacker. Inilah sebabnya mengapa penting untuk memastikan bahwa tidak ada yang dapat mengakses akun Facebook Anda.

Cara Memastikan Akun Facebook Tidak di Hack Orang

Temukan gangguan di Facebook
Tahukah Anda bahwa setiap detik di seluruh dunia, 18 pengguna internet menjadi korban serangan cyber? Dari pencurian identitas hingga pencurian data, peretas meningkatkan kecerdikan mereka untuk mencuri kredensial login.

Karena itu disarankan untuk ekstra hati-hati. Ingatlah untuk selalu mengubah kode rahasia Anda dan tidak pernah menggunakan kode yang sama untuk semua akun Anda. Ingat juga bahwa kata sandi yang aman harus sepanjang 12 karakter dan mengandung huruf kecil, huruf besar, angka, dan tanda baca.

Sayangnya, semua tindakan pencegahan ini tidak selalu cukup untuk mencegah serangan. Anda mungkin lupa keluar dari komputer umum. Jadi, bagaimana Anda tahu jika akun Facebook Anda di hack? Berikut adalah beberapa tanda yang jelas bahwa data Anda tidak lagi aman.


  • Posting dikirim dari akun Facebook Anda tanpa menjadi penulis
  • Aplikasi telah ditambahkan ke halaman Anda
  • Teman-teman Facebook mengeluh tentang menerima pesan pribadi lucu dari Anda
  • Jumlah langganan grup Facebook Anda tiba-tiba meningkat tanpa penjelasan
  • Pengaturan Anda telah diubah


Setiap aktivitas mencurigakan di akun Anda harus segera dilaporkan. Jangan menunggu sampai terlambat sebelum mengambil tindakan. Anda berisiko menempatkan semua data pribadi Anda dalam risiko. Facebook menawarkan formulir online untuk memproses permintaan jenis ini.


Koneksi yang tidak dikenal
Para pelaku serangan umumnya sangat berhati-hati. Semakin sulit untuk mengetahui apakah akunnya telah di hack. Berita baiknya adalah bahwa Facebook memiliki beberapa alat yang dapat mendeteksi intrusi ke dalam akun Anda.

Perangkat koneksi yang tidak dikenal mengingat semua jenis perangkat yang digunakan untuk terhubung ke Facebook. Jika mendeteksi upaya untuk terhubung dari mesin yang tidak terdaftar (smartphone, tablet, komputer), ia akan mengirimkan pemberitahuan kepada Anda untuk memberi tahu Anda. Berikut adalah prosedur untuk mengaktifkan opsi keamanan ini


  1. Buka aplikasi Facebook di ponsel Anda
  2. Tekan tombol Menu di kanan atas jendela, lalu Pengaturan
  3. Ketuk pengaturan dan privasi
  4. Validasi opsi: terima peringatan jika terjadi koneksi yang tidak dikenal. Terima peringatan jika terdeteksi koneksi yang tidak dikenal
  5. Pilih bagaimana Anda ingin diberitahu (pemberitahuan, email atau pesan Facebook Messenger)
  6. Klik simpan


Setelah opsi keamanan divalidasi, Anda akan secara otomatis menerima pesan di ponsel atau komputer yang memberi tahu Anda bahwa upaya menghubungkan telah dilakukan dari mesin yang tidak dikenal ke Facebook. Jika Anda bukan sumber koneksi ini, yang harus Anda lakukan adalah menekan tombol Itu bukan saya di pesan peringatan.

Facebook akan mengundang Anda untuk mengubah kata sandi dan mengatur otentikasi dua faktor. Ringkasan kegiatan terbaru Anda akan memungkinkan Anda untuk memeriksa apakah informasi telah dipublikasikan dari akun Facebook Anda tanpa persetujuan Anda.

Juga, jangan ragu untuk menghapus semua perangkat lama yang Anda gunakan untuk terhubung ke Facebook sebelumnya. Ini akan memperkuat keamanan akun Anda.


  1. Buka akun Facebook Anda dari browser
  2. Klik pada panah kecil di sudut kanan atas layar
  3. Pilih opsi Pengaturan kemudian Keamanan dan koneksi
  4. Gulir ke bawah sampai Anda melihat bagian: di mana Anda terhubung
  5. Anda akan melihat daftar perangkat yang digunakan untuk terhubung ke akun Facebook Anda.
  6. Sesi aktif ditunjukkan dengan kata Aktif
  7. Klik pada tiga titik di sebelah kanan nama perangkat
  8. Tekan tombol hapus


Di masa depan juga berhati-hatilah saat masuk dari mesin yang bukan milik Anda. Komputer publik (kantor, perpustakaan, hotel) cenderung dapat diretas. Perhatikan bahwa Anda juga dapat memilih solusi radikal, yaitu menghapus akun Facebook Anda.


Lihat riwayat koneksi Facebook
Jejaring sosial semakin menjadi target para hacker. Untuk membantu Anda mendeteksi upaya intrusi, Facebook menawarkan untuk merekam lokasi di mana Anda terhubung. Ini akan memungkinkan Anda memverifikasi bahwa Anda adalah sumber dari semua login ke akun Anda.


  1. Buka aplikasi Facebook
  2. Klik pada tombol menu lalu pada pengaturan dan privasi
  3. Pilih opsi Lokasi
  4. Ketuk sakelar Riwayat Lokasi
  5. Kemudian klik pada tampilan riwayat lokasi Anda
  6. Masukkan kata sandi Anda


Alat ini akan memungkinkan Anda untuk mengikuti gerakan Anda tetapi juga untuk mendeteksi keberadaan serangan. Jika Anda melihat sesi muncul di tempat-tempat yang tidak sering Anda kunjungi, segera beri tahu Facebook dan ubah kata sandi Anda. Yang penting, Anda dapat menonaktifkan lokasi dari aplikasi Facebook kapan saja.

Komentar